Kamis, November 05, 2009

Tiga Kebiasaan yang Merusak Mata


Perawatan mata sebaiknya dilakukan sejak dini. Mata yang sehat tentu membuat aktivitas menjadi lebih sempurna. Tapi ada tiga pemicu yang bikin mata minus atau plus yang ternyata adalah kebiasaan sehari-hari.

Banyak cara mudah yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat dan selalu tampak indah. Jangan lupakan juga pentingnya pola hidup sehat yang seimbang agar tidak hanya mata yang sehat.

Berikut tiga kebiasaan yang bisa bikin penglihatan tidak fokus karena dilakukan sejak kecil:

1. Posisi Tubuh dan Mata
Kegiatan membaca memang tidak dipengaruhi oleh sinar ultra violet, namun posisi tubuh tercata penting. Sebaiknya, posisi tubuh dalam keadaan duduk rileks dan di bawah cahaya penerangan yang cukup, tidak terlalu silau apalagi gelap.

Jarak antara mata dan bacaan sekitar 30 cm karena pada jarak ini mata dalam kondisi rileks. Sebaiknya kamu membaca di tempat terang.

2. Membaca Sambil Tiduran
Memang asyik membaca sambil tiduran. Tapi, sebaiknya hindari membaca sambil tiduran. Posisi tidur membuat otot bola mata menarik bola mata kearah bawah dan sebaliknya.

Otot bola mata tak lagi dalam keadaan rileks. Jadi, posisi membaca sambil tiduran akan mempercepat kerusakan mata. Agar mata tidak cepat lelah, hindari membaca sambil tiduran

3. Gaya Hidup Tak Sehat
Pola makan yang tidak sehat, kebiasaan membaca yang salah, konsumsi gula yang berlebihan, kurang terkena sinar matahari, tempat kerja yang buruk, terlalu banyak menonton telivisi, dan memakai monitor komputer yang buruk ternya bisa menyebabkan gangguan kesehatan mata.

Jaga Jarak antara mata dengan layar telivisi atau komputer. (Advetorial Indofarma)

sumber: http://health.detik.com/read/2009/11/05/...http://health.detik.com/read/2009/11/05/151959/1235924/756/tiga-kebiasaan-yang-me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar