Sabtu, April 03, 2010

Tips Hari Pertama Kerja

Gugup pertama kali ketika masuk kerja adalah hal yang wajar di alamai oleh siapapun juga. Dunia kerja memang sungguh beda dengan masa masa sekolah maupun di bangku kuliah. Dunia baru yang penuh dengan petualangan baru yang seru dan menghasilkan tentunya. Sebelum memasuki tempat kerja untuk yang pertama kali, tidak ada salahnya untuk mempelajari dan menerapkan kiat kiat berikut ini:

1. Berpakaian yang rapi: Pertama kali masuk bekerja tentu bakalan membuat kita jadi pusat perhatian orang sekantor. Makanya persiapkan diri dengan busana yang nyaman dan rapi. Beri kesan yang baik dari penampilan kita. Jangan pilih pakaian yang terlalu seksi atau terlalu trendy. Beri kesan yang natural sekaligus sopan supaya penampilan kita nampak elegan.

2. Tepat Waktu: Datang tepat waktu adalah wajib hukumnya. Hal ini akan memberikan kesan positif bahwa kita sungguh-sungguh punya semangat dan niat bekerja. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Carilah rute yang nggak macet dan perhitungkan waktu dengan cermat. Tiba sepuluh sampai lima belas menit lebih awal akan lebih baik.

3. Tersenyumlah: Jangan lupa untuk tersenyum. Tanpa perlu bersikap sok akrab, senyuman yang kita berikan akan membuat orang lain welcome terhadap kehadiran kita. Meskipun nervous, jangan sampai kita menampakkan wajah muram yang nggak bersahabat. Terbukalah untuk mengenal temen-temen yang baru.

4. Ramah Tamah: Meskipun kita bakalan kelabakan berusaha mengingat setiap nama orang sekantor, tapi cobalah untuk mengingat setidaknya beberapa dari mereka yang sedivisi dengan kita. Bagaimana pun juga orang akan senang bila namanya diingat oleh orang lain. Tips tambahan: Cobalah juga untuk mendekati salah satu dari mereka sehingga kita bisa melewati jam makan siang bersamanya.

5. Belajar, belajar dan belajar. Tidak ada satupun yang bisa membuat kita berhenti belajar. Mendapatkan pekerjaan baru berarti time to learn new things. Di hari pertama bekerja, jangan membiarkan diri menganggur. Pelajarilah hal-hal yang berhubungan dengan job kita. Banyaklah bertanya pada orang-orang sekitar. Jangan membuang waktu untuk bergosip, lebih baik gunakan kesempatan untuk mempelajari hal-hal penting dan belajar menjadi profesional.

6. Jadilah Diri Sendiri: Beranilah mengungkapkan pendapat, mengemukakan analisa dan ide-ide baru. Meskipun tidak semua ide kita akan langsung diterima, tetapi antusiasme kita dalam pekerjaan bisa menjadi nilai plus bagi penilaian atasan. Bukannya menjilat ato mencari muka, loh! Tapi tunjukin donk kalo kita semangat dengan pekerjaan yang kita lakukan.

7. Jangan lupa Etika: Perhatikan etika di kantor dengan baik. Banyak fresh graduate melakukan kesalahan fatal saat pertama kali bekerja. SMSan atau saling menelpon dengan pacar di jam kerja, menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, menggunakan bahasa yang terlalu nge-slank layaknya di kampus, etc. Jangan pernah mengabaikan etika.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar